Hipertensi dan Diabetes Dapat Diatasi Dengan Kacang Kedelai

Disusun oleh :

1. Chanygia Novananda

2. Dwi Putri Astriana

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kacang kedele dikenal sebagai makanan terbaik kadar proteinya, dapat mencapai 35 persen daripada beratnya. Dikatakan bahwa kacang kedelai dibandingkan dengan beratnya dapat menghasilkan dua kali potein daging, empat kali telur, empat kali gandum, lima atau enam kali roti dan dua belas kali susu. Sekarang kacang kedelai dapat dijadikan susu, di negara – negara lain kedelai menjadi susu yang berguna untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit diantaranya hipertensi dan diabetes .

Berdasarkan hal tersebut , penulis tertarik untuk melakukan studi pustaka mengenai manfaat kacang kedelai dalam mengatasi hipertensi dan diabetes.

Tujuan

  1. Mengetahui manfaat – manfaat kacang kedelai dalam mengatasi hipertensi dan diabetes.
  2. Mengetahui peranan kacang kedelai sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi dan diabetes.

Manfaat

1. Sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat agar dapat mengetahui bahwa susu kedelai bermanfaat bagi kesehatan.

2. Sebagai pengetahuan bahwa kacang –kacangan seperti kacang kedelai dapat mencegah penyakit hipertensi dan diabetes

3. Sebagai sarana peningkat kesehatan masyarakat yang murah,alami dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita

Tinjauan Pustaka

Peranan Gizi

Kebanyakan orang menikmati makanan yang mereka makan. Walaupun alasan utama mereka makan adalah karena mereka lapar. Pada umumnya orang-orang memilih makanan yang menurut mereka enak. Mereka sering melupakan bagaimana akibatnya pada tubuh mereka nanti. Ketika kita mempertimbangkan dampak dari mengkonsumsi makanan bergizi baik dan makanan bergizi buruk.

Didalam kacang kedelai terdapat kandungan berupa karbohidrat, protein,vitamin, mineral, serat, dan isoflavon. Sebagian besar kedelai terdiri dari protein, serat, isoflavon maka dengan zat-zat tersebut kacang kedelai dapat mengatasi hipertensi dan diabetes.

Karbohidrat merupakan sumber energi atau tenaga didalam tubuh. Tanpa karbohidrat seseorang akan lemas, tidak bertenaga dan akhirnya dapat menimbulkan penyakit .kebutuhan karbohidrat ini dapat ditemukan dengan mengonsumsi beras,gandum,jagung dan serelia lainya.

Serat sangat penting dalam masalah proses pencernaan di dalam tubuh.Kekurangan serat membuat orang mengalami kesulitan pencernaan.Kondisi yang parah dapat meyebabkan kematian.Selain kedelai, sumber bahan nabati berserat cukup banyak seperti, sayur-sayuran, buah-buahan, agar-agar, dan sebagainya.

Protein sangat berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, penambah imunitas tubuh, dan lain-lain.Protein sangat dibutuhkan oleh manusia pada tingkat usia manapun, terutama mereka yang banyak mengeluarkan tenaga seperti pekerja kasar dan olahragawan.Busung lapar merupakan contoh penyakit yang terjadi akibat kekuranagan protein.

Isoflavon adalah ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya. Selain sebagai anti oksidan, isoflavon juga dikenal sebagai estrogenic, anti osteoporosis, antiatherosklerosis, dan lain-lain.Nagata seorang peneliti Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 500-100 mg perhari. Fungsi isoflavon bagi tubuh adalah untuk melancarkan metabolisme, melancarkan pencernaan, meningkatkan system imunisitas, memperkuat strukturmatriks, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah, menstabilkan kadar gula darah, mencegah obesitas, mencegah penyakit ginjal, mengurangi gejala jantung koroner, mengurangi gejala stroke, mengrangi gejala rematik dan asam urat, mengurangi gejala maag, menghilangkan rasa lelah dan lesu, memperlambat penuaan sel, mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostate, menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif.

Vitamin merupakan molekul organik yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal.

Mineral berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadapganguan penyakit. Selain itu, mineral juga berfungsi dalam produksi reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa.

Kacang kedele

Klasifikasi Kacang Kedelai

Regnum:

Plantae

Divisio :

Magnoliophyta

Kelas :

Magnoliopsida

Ordo :

Fabales

Familia :

Fabaceae

Subfamili:

Faboideae

Genus :

Glycine
(L.) Merr.

Spesies :

Glycine max
Glycine soja

Glycine max Glycine soja

Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies: Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau) dan Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam). G. max merupakan tanaman asli daerah Asia subtropik seperti RRC dan Jepang selatan, sementara G. soja merupakan tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Tanaman ini telah menyebar ke Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Indonesia. Kedelai dibudidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanaman biasanya dilakukan pada akhir musim penghujan, setelah panen padi.

Kedelai dikenal dengan berbagai nama: sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, dan gadelei. Berbagai nama ini menunjukkan bahwa kedelai telah lama dikenal di Indonesia.

Kedelai merupakan terna dikotil semusim dengan percabangan sedikit, sistem perakaran akar tunggang, dan batang berkambium. Kedelai dapat berubah penampilan menjadi tumbuhan setengah merambat dalam keadaan pencahayaan rendah. Kedelai, khususnya kedelai putih dari daerah subtropik, juga merupakan tanaman hari-pendek dengan waktu kritis rata-rata 13 jam. Ia akan segera berbunga apabila pada masa siap berbunga panjang hari kurang dari 13 jam. Ini menjelaskan rendahnya produksi di daerah tropika, karena tanaman terlalu dini berbunga.

Perakaran

Tanaman kedelai mempunyai akar tunggang yang membentuk akar-akar cabang yang tumbuh menyamping (horizontal) tidak jauh dari permukaan tanah. Jika kelembapan tanah turun, akar akan berkembang lebih ke dalam agar dapat menyerap unsur hara dan air. Pertumbuhan ke samping dapat mencapai jarak 40 cm, dengan kedalaman hingga 120 cm. Selain berfungsi sebagai tempat bertumpunya tanaman dan alat pengangkut air maupun unsur hara, akar tanaman kedelai juga merupakan tempat terbentuknya bintil-bintil akar. Bintil akar tersebut berupa koloni dari bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum yang bersimbiosis secara mutualis dengan kedelai. Pada tanah yang telah mengandung bakteri ini, bintil akar mulai terbentuk sekitar 15 – 20 hari setelah tanam. Bakteri bintil akar dapat mengikat nitrogen langsung dari udara dalam bentuk gas N2 yang kemudian dapat digunakan oleh kedelai setelah dioksidasi menjadi nitrat (NO3).

Batang

Kedelai berbatang dengan tinggi 30–100 cm. Batang dapat membentuk 3 – 6 cabang, tetapi bila jarak antar tanaman rapat, cabang menjadi berkurang, atau tidak bercabang sama sekali. Tipe pertumbuhan batang dapat dibedakan menjadi terbatas (determinate), tidak terbatas (indeterminate), dan setengah terbatas (semi-indeterminate). Tipe terbatas memiliki ciri khas berbunga serentak dan mengakhiri pertumbuhan meninggi. Tanaman pendek sampai sedang, ujung batang hampir sama besar dengan batang bagian tengah, daun teratas sama besar dengan daun batang tengah. Tipe tidak terbatas memiliki ciri berbunga secara bertahap dari bawah ke atas dan tumbuhan terus tumbuh. Tanaman berpostur sedang sampai tinggi, ujung batang lebih kecil dari bagian tengah. Tipe setengah terbatas memiliki karakteristik antara kedua tipe lainnya.

Daun

Pada buku (nodus) pertama tanaman yang tumbuh dari biji terbentuk sepasang daun tunggal. Selanjutnya, pada semua buku di atasnya terbentuk daun majemuk selalu dengan tiga helai. Helai daun tunggal memiliki tangkai pendek dan daun bertiga mempunyai tangkai agak panjang. Masing-masing daun berbentuk oval, tipis, dan berwarna hijau.

Bunga

Bunga kedelai termasuk bunga sempurna yaitu setiap bunga mempunyai alat jantan dan alat betina. Penyerbukan terjadi pada saat mahkota bunga masih menutup sehingga kemungkinan kawin silang alami amat kecil. Bunga terletak pada ruas-ruas batang, berwarna ungu atau putih. Tidak semua bunga dapat menjadi polong walaupun telah terjadi penyerbukan secara sempurna. Sekitar 60% bunga rontok sebelum membentuk polong.

Buah

Buah kedelai berbentuk polong. Setiap tanaman mampu menghasilkan 100 – 250 polong. Polong kedelai berbulu dan berwarna kuning kecoklatan atau abu-abu. Selama proses pematangan buah, polong yang mula-mula berwarna hijau akan berubah menjadi kehitaman.

Biji

Biji kedelai berkeping dua, terbungkus kulit biji dan tidak mengandung jaringan endospperma. Embrio terletak diantara keping biji. Warna kulit biji kuning, hitam, hijau, coklat. Pusar biji (hilum) adalah jaringan bekas biji melekat pada dinding buah. Bentuk biji kedelai umunya bulat lonjong tetapai ada pula yang bundar atau bulat agak pipih.

Kandngan gizi kacang kedelai

Kandungan gizi kacang kedele yaitu, Mineral 3261 mg, Mineral Kalium 1835 mg, Magnesium 225 mg, Protein 2,8 g, Lemak 1,5 g, Karbohidrat 3,6 g, Serat 0,1 g, Vitamin A 110 mcg, Vitamin B 407 mcg, Kalori 331 g, Hidrat arang 34,8 g, Fosfor 585 g, dan sebagian besar didalam kandungan ini memiliki nilai gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Manfaat Kacang kedelai

Protein yang terkandung dalam kacang kedele kaya akan asam amino arginin dan glisin. Kedua asam amino ini merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang diseskresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh kita dengan itu jaringan tubuh akan makin meingkat. Dengan meningkatnya kadar hormon insulin ini, kadar glukosa darah akan berkurang karena sebagian akan diubah menjadi energi. Inilah yang pada akhirnya akan membuat gejala diabetes dapat tertekan. Selain sebagai penekan diabetes kacang kedele juga dapat mengatasi hipertensi karena didalam susu kacang kedele terdapat suatu zat bernama isoflavon yang mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah hipertensi dan diabetes. Selain untuk mencegah dan mengobati hipertensi dan diabetes kacang kedele juga untuk, melancarkan metabolisme, melancarkan pencernaan, merupakan nutrisi pelengkap, meningkatkan sistem imunitas, memperkuat struktrur matrixs tulang, mencegah obesitas, mencegah penyakit ginjal, mengurangi gejala jantung koroner, mengurangi gejala stroke, mengurangi gejala rematik dan asam urat, mengurangi gejala maag. Hal itu dapat terjadi karena kandungan isoflavon dalam kacang kedele.

Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah lebih tinggi dari 160/90 mmHg merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat. Hipertensi merupakan penyebab utama dari kematian dan gangguan kadiovaskuler. Hipertensi juga sering disebut “silent killer” karena menimbulkan komplikasi pada jantung, otak dan ginjal.Masalah utama pada hipertensi adalah bahwa lebih dari 90% hipertensi termasuk golongan essential yaitu yang tidak atau belum diketahui sebabnya ,75% termasuk hipertesi ringan (diastolik 90-105 mmHg ) dan bila digabung dengan hipertensi sedang (diastolik105-119mmHg)berjumlah lebih dari 90% penderita.

Tabel tekanan darah dan penggolongan penyakit hipertensi

Nilai tekanan (mmHg)

Klasifikasi

Diastolik

<85

85 – 99

90 – 104

105 – 114

> / = 115 keatas

Tekanan darah normal

Tekanan darah normal tinggi

Hipertensi ringan

Hipertensi sedang

Hipertensi berat

Diabetes

Diabetes melitus adalah suatu penyakit gangguan kesehatan di mana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes Mellitus / DM dikenal juga dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis yang mempunyai jumpah penderita yang cukup banyak di Indonesia juga di seluruh dunia.

Pada orang yang sehat karbohidrat dalam makanan yang dimakan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.

Kadar gula yang tinggi akan dibuang melalui air seni. Dengan demikian air seni penderita kencing manis akan mengandung gula sehingga sering dilebung atau dikerubuti semut. Selanjutnya orang tersebut akan kekurangan energi / tenaga, mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air kecil, gatal-gatal, dan sebagainya. Kandungan atau kadar gula penderita diabetes saat puasa adalah lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl. Pada orang normal kadar gulanya berkisar 60-120 mg/dl.

Terdapat dua tipe diabetes mellitus, DM tipe 1 adalah di mana tubuh kekurangan hormon insulin atau istilahnya Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) dan DM tipe 2 di mana hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya atau istilahnya Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

PEMBAHASAN

Analisa Data

Dari data hasil studi pustaka di atas, penulis dapat menganalisa bahwa kacang kedele sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes dan hipertensi . Manfaatnya antara lain :

1. Polisakarida yang terdapat pada kacang kedele mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial dan dapat menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial.

2. Dapat mengatasi hipertensi dan diabetes karena adanya asam amino dan glisin dalam kacang kedele.

3. Isoflavon dalam biji kacang kedele dapat mengatasi hipertensi dan diabetes karena fungsi dari isoflavon adalah menstabilkan kadar gula darah, menstabilkan tekanan darah.

4. Diabetes dapat diatasi dengan banyaknya hormon insulin dalam tubuh karena hormon insulin dapat mengubah kadar glukosa yang berlebihan menjadi energi.

Karena hal tersebut , kacang kedelai dapat mengatasi hipertensi dan diabetes karena didalam kacang kedelai terdapat polisakarida dan isoflavon yang mampu menekan kadar gula berlebih dan menstabilkan tekanan darah.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kacang kedelai sangat bermanfaat menekan kadar gula berlebih dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.Tidak hanya itu kacang kedele juga dapat mengatasi hipertensi dan diabetes karena terdapat isoflavon dan polisakarida didalam kacang kedelai.

Daftar Pustaka

Tjokroprawira, Askandar. 1991. Diabetes Melitus. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sidabutar, P. 1992. Penyakit Ginjal dan Hipertensi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Kuntaraf, Kathleen Liwijaya.1992. Makanan Sehat. Di dalam : Wauran M, editor. Bandung : Indonesia Publising House

id. wikipedia.org/wiki/Kacang kedelai

id. mdl525.info/2008/0s1/23/manfaat-susu kedelai-dan- kedele-untuk-penderita-diabetes/

http://organisasi.org/informasi_diabetes_mellitus_kencing_manis_penyakit_gula_darah_pengertian_definisi_pencegahan_perawatan_petunjuk_dll

About these ads

7 Komentar (+add yours?)

  1. ateu
    Feb 23, 2009 @ 14:05:28

    kacang kedelai….produknya selain mengenyangkan juga menyehatkan….murah lagi

    Balas

  2. "MHacHIdAH.Lv"
    Mei 10, 2009 @ 14:48:25

    wahhh thangkkk bgttt yoo,,,,

    czzz u dahh bntuin aq,,,,,,,,,,

    aq bisa lbihh mdahhh wat projeck,,,,,,

    Balas

  3. taufik
    Mar 28, 2010 @ 21:57:56

    ditunggu infonya

    Balas

  4. baioe badjra
    Mei 09, 2010 @ 11:43:44

    Q sedang buat skripsi tentang pengaruh susu kedelai terhadap hipertensi nih..
    ada referensi yang 10 tahun terakhir nggak???
    kalo ada kirim ke emailQ ya,kalo bisa yang bahasa indonesia, daftar pustakanya aja,ato judul buku ma pengarangnya aja..
    ni emailQ eoiab@yahoo.com
    thanks before.

    Balas

  5. mutia northa
    Agu 29, 2010 @ 05:24:26

    sist tolong saya dong kirimin sya tedelai yg banyak ya , alnya saya lgi buat skripsi yg judul subti tusi air kedelai dengan santan pada pembuatan kue bangkit

    Balas

  6. qhyqhy
    Okt 12, 2011 @ 16:18:56

    baikx kedelai di konsumsi dlm bentuk apa?

    Balas

    • Nurfitri_dr
      Jun 09, 2012 @ 22:44:07

      dalam bentuk apapun baik asalkan diolah dengan benar. kedelai kan mengandung protein, kalo di olah terlalu panas nanti proteinnya bisa rusak. sayang kan jadi berkurang gizinya. ^^

      Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: